Jumat, 15 Desember 2023

WISATA ALAM KALIBIRU, KULONPROGO, YOGYAKARTA

10 September 2014

Kalibiru merupakan Obyek Wisata Alam yang terletak dekat dengan Kota Yogyakarta, dan diresmikan pada tahun 2008.
Dahulu, tempat ini adalah Hutan milik Negara dengan kondisi yang memprihatinkan. Namun, masyarakat berinisiatif untuk membangun Hutan menjadi area hijau yang subur dan menjadikannya sebagai objek wisata dengan pemandangan yang indah dan sejuk.

Obyek Wisata Kalibiru berada di perbukitan wilayah kecamatan Kokap, Kulonprogo. 
Dari Kota Yogyakarta, jarak sekitar 40 km dan lama perjalanan 90 menit. Sedangkan dari Kota Wates, Kulonprogo, jarak ke obyek wisata sekitar 10 km dan lama perjalanan 30 menit.
Anda bisa menelusuri jalan menuju ke arah Kota Wates, melewati Jl. Wates atau Jl.Godean, lalu dari Kota Wates, Anda mengikuti jalan menuju ke Waduk Sermo, dan akan menemukan papan penunjuk arah menuju Kalibiru. 

Fasilitas bagi para pengunjung: 
  • Park area
  • Food area
  • Mushola
  • Toilet
  • Outbond
  • Perpustakaan
  • Meeting room
Selain pemandangan indah yang dapat dilihat dari gardu pandang, para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang menarik, seperti mencoba Flying Fox yang tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa, mengunjungi perpustakaan yang memiliki koleksi buku tentang pertanian dan kehutanan yang lengkap, atau melakukan Outbound. 
Bahkan, di obyek wisata ini terdapat sebuah ruang pertemuan berbentuk joglo. Jadi, perusahaan ataupun organisasi dapat mengadakan pertemuan disana, sembari bersantai dan menjalin keakraban diantara para anggotanya.

Tiket masuk sangat murah, hanya Rp. 2.000,- saja. Bagi Anda yang ingin mencoba flying fox, biaya untuk anak-anak Rp. 5.000,- sedangkan biaya untuk orang dewasa Rp. 10.000,- . Di obyek wisata ini juga tersedia berbagai paket wisata, seperti wisata pedesaan, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata keluarga, dan terapi alam. Para pengunjung yang ingin menginap, tersedia pondok-pondok wisata yang ada di Kalibiru. Terdapat 6 pondok wisata yang masing-masing dapat menampung antara 10-15 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar